| 0 komentar ]

Bagi anak2 TI ma Elektro Pasti tau yang satu ne.
gni neh Q jlasin, µController Itu semacam Komputer (Wow), tp jgn salah Anggapan! µController cuma hampir sama aj, tapi klo Komputer tentu lebih lengkap, tapi bisa dikatakan Microcontroller adalah cpu yang kecil..
dengan microcontroller kita bisa buat yang otomatis2 g2 (tergantung Otak lo dalam biki programnya yang jelas) kek robot(wow), mobil jalan ndiri(asik), alaram bla bla bla(wuih), Kunci2 digital, (Fuh bnyk bngt).. tergantung kreasi kakak aj!

Micro controller tuh Suatu Chip IC (integrated Circuit) yang didalamnya udah complit (jamu X). Yah Kek komputer Gitu, ada apaan dlam CPU? coba tbak! heheh

yang pasti ada Processor, Memori(RAM), Hardisk(Storage), Dan IO (input output). huih... Ckup dngn Mereka aj udah bisa dianggap CPU. Di µController juga sama, ada Processor, Input output, Memori, Flash(penyimpan Program), tapi uda dibungkus(nasi) dalam 1 chip IC (Serangga, ewe emang tampangnya kek serangga, banyak kakinya kok)...

ada banyak sih macam2 µController (agak Lupa).. yang membedakan adalh Programnya, cara flashnya dan entah apa lagi ya? oh ya, tau ga Flash itu apa? Flash itu gula campur kelapa itu loh(geplak).. Bukan lah,

FLASH adalah hardisk tapi bukan Disc(itulah bedanya Flash ma Disc) Flash itu terbuat dari rangkain digital aj, klo disc ada Piringanya Buat menyimpan, yah kek kaset g2,. trus flash disc paan? nah itu dah yanga tidak abis pikir, flash disc yang biasanya kita liat tuh harusnya kasi nama flash memori aj, soalnya kan ga ada piringnya. data pada Flash bibuat agar Read Only, ROM(read Only Memori), yah biar programnya ga mudah hilang gitu, byangin aj klo Programnya ilang saat Lagi digunakan misalnya pada robot, matet dunk nanti? nah lhoh. trus cara programinya gmn dunk? Ada bnyk cara ch, tergantung tipenya, tapi intinya Setiap mcrocontroller punya Tanda Tangan(wow, kek manusia j ya?). ini dugunakan agar tidak salah memrogramnya. trus punya cara sendiri2 caranya rumit, ada sarat2 yang ruwet agar microcontroller ini bisa diprogram (Protection). lenX ku jelaskan deh.

MEMORI(RAM) itu tempat menyimpan sementara aj selama proses berjalan. Asumsinya gni, kita kan punya tepung, keju, ma Coklat di lemari, nah klo kita mau olah kan kita harus keluarin kan? ya kan? masa kita mau masak dalam lemari? sama kek DATA, dimasukin diRAM dlu biar bisa diubah2, tapi data yang diperlukan aj, tidak semuanya. soalnya klo didlam FLASH kan permanen, jadi ga bisa dihapus, ditmbahi, ato yang laen, nah makanya kita btuh RAM.

PROSESOR, nah ini yang paling penting dia lah yang memroses Data2 yang ada diRAM tadi, tentunya sesuai dengan PROGRAMNYA, paan sih program? Program tuh kode yang digunakan untuk memerintah CPU, misalnya kita suruh CPU menghitung, Pause, Mati Dll. Perlu Diingat!!! beda arsitektur(jenis) beda pula bahasa programnya. asumsinya Pada arsitektur MCS51 Untuk menyuruh CPU membaca data pada Input adalah "Baca" dan tulisan baca itu udah jelas tertulis di FLASH pastinya soalnya SI Processor kan patuh ma Flash. nah, laen halnya dengan Jenis AVR(Advance RISC), atau Mega, (halah banyak bgt tipenya kakak), di AVR mungkin bukan "baca" perintahnya, tapi "WOCO", nah beda kan? klo MCS51 dikasi perintah "WOCO" dia bingung, begitu pula sebaliknya.

Input Output (PIO pin Input Output). yah hampir sama kek RAM, artinya klo prosesor mengirim data "hush" kek Pin IO nya, maka akan terus mengeluarkan data"hush" pada kaki IOnya sampai da perintah mengelurkan data lain ke IO tersebut, atau µControlnya dimatiin, soalnya kan datanya disimpan DI RAM IO tersebut. IO neh Bisa dihubungin langsung Keluar, misalnya dalam IO ada data "Veno", maka Maka Pin (Kaki IC) Outputnya juga Berlogika "VENO". artinya jika 2(dua) µController Dihubungin IOnya Yang satu Disuruh Ngeluarin kata "bobo" ma Programnya, dan yang satu disuruh baca data Yang ada Di kaki IOnya, maka µController yang satunya neh akan dapet data "bobo", selanjutnya mau disimpan, diproses, di keluarin lagi ke Pin IO yang lain(dalam 1 µController biasanya ada lebih dari satu IO), atau diapain kek terserah Program dari ic yang satu tersebut.

0 komentar

Posting Komentar