| 1 komentar ]

Oke Pren, kali ne, kita akan membahas tentang Komponen Elektronika..

Bagi Yang dah tau ga perlu baca deh keknya, jdi Posting yang satu neh buat yang belon tau aj..
Didalam alat2 elektronika pasti ada yang Namanya Komponen Elektronika(namanya aj komponen)..

Mari kita sebutkan satu demi semuanya:

Ada komponen 2 tipe menurut kegunaanya, yaitu Aktif dan Pasif.
Komponen Aktif
itu yang tugasnya untuk menggerakkan komponen2 Laen dalam suatu rangkaian. yang tergolong dari komponen ini adalah: Transistor(FET), SCR(Switch controlled Rectifier), IC(integrated Circuit)
Komponen Pasif itu adalah yang digerkakan oleh komponen aktif tadi, yang tergolong adalah: Capasitor(Condensator), Berbagai macam kumparan(kek relay, Bla bla bla), Resistor(Tahanan, bukan napi lho!@!! wkwkkwkwkw), dioda(rectifier/Perata), trus kek lampu, trafo, dll

oke kita bahas satu demi banyak, tapi tidak semuanya, soalnya bnyak banget coy....

Transistor. nah, komponen yang satu ne adalah komponen aktif paling simple bro, cra kerjanay seh ckup mudah, tapi maaf, klo dijelaskan dsni pasi bisa nyampe 5 page lebih. si Transistor adalah komponen dari bahan semikonduktor kek SILICON, GERMANIUM dll, tapi kebanyakan sih dari SILICON. (bahan yang bisa jadi konduktor, bisa jadi isolator, tergantung keadaan pada salah satu elektrondanya(Kutub)). nah, jadi komponen inilah yang jadi dasar IC2 Komplex, yah karena sifatnya yang plin-plan tadi. bahkan sampai ke Prosessor jaman sekarang pun tersusun dari ini lhoh, tapi Ber Triliun2, klo ditulis bisa banyak bgt nol-nya(wow), bneran, tanya aj ma pembuatnya!!. transistor ini ada dua jenis, NPN dan PNP, lhoh kok bsa? yah ini karena perbedaan penyusunan bhan semi konduktornya tadi, NPN adalah klo bahannya yang banyak terdiri dari semikonduktro Tipe N(negatif)(bahan semi konduktor yang kelebihan beberapa elektron, weit ga sah dibahas ya? rumit neh, nanti pusing lhoh?). Klo tipe PNP, berarti tersusun dari dua bahan tipe P/postitf(bahan semikonduktor yang kekurangan elektron)

SCR(switch Controlled Rectifier). nah, dari namanya ketaHuan kan? ini seh seperti saklar bro, tapi tidak dipencet pake tangan, tapi pake aliran listrik pada salah satu kakinya. yang tau kan prinsip kerja saklar? kek gitu lah kurang lebih.. komponen ini dibuat dari semikonduktor juga lhoh.

IC(integrated Circuit).

1 komentar

w2n mengatakan... @ 4 Agustus 2009 pukul 10.56

weh

Posting Komentar